Kebutuhan Nutrisi Manula

Thursday, August 22, 20130 komentar


Kebutuhan Nutrisi Manula
a. Energi
                penurunan aktivitas fisiologis dan fisik mengakibatkan penurunan kebutuhan energi pada manula, demikian pula dengan penurunan massa sel tubuh.
                rda untuk energi bagi manula wanita (51-75 tahun) adalah 1800 kkal (1400 – 2200 kkal) dan bagi laki-laki 2400 kkal (2000 – 2800 kkal). untuk manula 75 tahun ke atas adalah 1600 kkal (1200-2000 kkal) untuk wanita dan 2050 kkal (1650 – 2450 kkal) untuk laki-laki.
b. Protein
                fungsi : menyumbangkan asam amino dan n untuk menganti jaringan yang hilang. kebutuhan untuk umur 51 tahun atau lebih : 0.8 g/kg bb/hari dengan catatan mutu proteinnya tinggi atau kisaran amannya adalah 0.9 – 1.2 g/kg bb/hari. untuk protein dengan mutu sangat tinggi seperti telur dan susu maka kebutuhannya adalah 0.57 g/kg bb/hari untuk laki-laki dan 0.52 g/kg bb/hari untuk wanita.
c. Lemak
                asam linoleat sebagai asam lemak esensial sangat diperlukan untukj kulit dan rambut yang sehat. konsumsi lemak pada manula tidak boleh lebih dari 35 persen dari total energi yang diperlukan. resiko aterosklerosis pada manula meningkat, sehingga perlu membatasi konsumsi kolesterol, lemak jenuh (hewani) dan meningkatkan konsumsi lemak nabati (vegetable oil seperti minyak kelapa dan minyak zaitun).
d. Vitamin  
                berfungsi sebagai ko-enzim bagi proses-proses metabolik, dibutuhkan dalam jumlah cukup untuk kesehatan mental, fisik dan emosi. perlu diperhatikan adalah kemampuan untuk menyerap  dan menggunakan vitamin menurun pada manula. kebutuhan vitamin di dasarkan pada jumlah energi, protein dan nutrisi lain yang dikonsumsi, diserap dan dimetabolisir.
-    vitamin b
                jika pola makan manula berubah, maka tiamin, riboflavin dan niasin dapat berkurang intakenya, yang mengakibatkan penurunan kada vitamin tersebut dalam darah. rda untuk tiamin 1.2 mg bagi manula laki-laki dan 1 mg untuk manula wanita. jika kekurangan riboflavin mengakibatkan gugup dan gangguan sistem peredaran darah. rda untuk riboflavin 1.3 mg untuk laki-laki dan 1.2 mg untuk wanita. sedangkan rda niasin adalah 15 mg untuk laki-laki dan 13 mg untuk wanita.
-    folat
                konversi folat menjadi asam folinat (bentuk aktifnya) berkurang karena penurunan vitamin c pada manula. defisien folat menyebabkan dementia (lemah, apatis) dan megaloblacticred blood cells. rda folat 400 mikrogram.
-    vitamin B12
                vitamin b12 dapat kekurangan pada manula akibat penurunan penyerapan dan konsumsi obat-obatan (terutama obat penurun tekanan darah). akibatnya adalah dementia dan bingung. rda vitamin b12 3 mikrogram.
-    vitamin C
                tampaknya kebutuhan vitamin c meningkat pada manula (resistensi jaringan menurun, mencegah infeksi dan masalah-masalah lain). penyebab kekurangan antara lain pola makan dan konsumsi obat-obatan pernafasan dapat menghambat metabolisme vitamin c. rda vitamin c 60 mg.
-    vitamin A
                kandungan vit a dalam plasma manula umumnya meningkat. karena vitamin a dapat disimpan dalam waktu yang lama, maka masih sulit dipastikan apakah intake vitamin a menyebabkan status vitamin a dalam plasma tersebut naik.
                kekurangan vitamin a menyebabkan gugup, penyakit pernafasan dan peredaran darah, penurunan elastisitas kulit dan penglihatan makin terasa. rda vitamin a 800 re atau 4000 ui, 1 re setara dengan 1 mikrogram retinol (vitamin a alkohol) atau 6 mikrogram beta-karoten.
-    vitamin D dan E
                rda vitamin d 5 mikrogram sebagai kolekalsiferol (d3) atau 200 ui. dalam ginjal dirubah menjadi bentuk aktifnya yaitu 25-hidroksi atau 1,25 hidroksi kole kalsiferol. penurunan fungsi ginjal pada manula dapat menurunkan kemampuan ini.
                vitamin e berfungsi sebagai antioksidan dalam sistem biologis, yaitu dapat menurunkan radikal bebas dan kerusakan membran sel/jaringan.
e. Mineral  
                mineral sangat penting bagi manula, karena kalium, natrium dan klorida adalah penting pada keseimbangan elektrolit tubuh. obat-obatan yang dikonsumsi dapat menurunkan kadar kalium tubuh. jika manula yang normalnya aktif, menjadi terlihat lemah, maka perlu perhatian terhadap keseimbangan elektrolitnya.
-    kalsium
rda kalsium 800 mg/hari untuk laku-laki dan wanita di atas 50 tahun. jumlah kalsium yang dibutuhkan berhubungan dengan konsumsi posfat dan status vitamin d. rasio ca: p harus berkisar dari 1 : 2 sampai 1 : 1. studi menunjukkan bahwa osteoporosis tidak akan berjalan dengan cepat pada manula yang mengkonsumsi kalsium tinggi yaitu sampai 1 g/hari.
-    magnesium
rda untuk magnesium adalah 300 mg untuk wanita dan 350 mg untuk laki-laki. tidak ada bukti yang menunjukkan kebutuhan mg meningkat pada manula. kehilangan cairan tubuh yang banyak, malabsorpsi dan penyakit hati dapat menyebabkan defisiensi. tetapi karena umumnya magnesium banyak terdapat dalam bahan pangan, kekurangan magnesium jarang terjadi
-    posfor
rda untuk p adalah 800 mg untuk wanita dan pria. kekurangan jarang terjadi karena p banyak terdapat dalam bahan pangan
-    kalium
rda yang direkomendasikan adalah 2.3 gram k per hari. kekurangan kalium dapat disebabkan oleh banyak kehilangan cairan tubuh, luka, trauma dan terapi diuretik.
-    besi
kekurangan besi banyak terjadi pada manula karena penyerapan yang berkurang kemampuannya dan jumlah konsumsi yang berkurang. akibatnya adalah kelelahan, perubahan tingkah laku dan anemia. rda untuk wanita dan pria diatas 50 tahun adalah 10 mg/hari.
-    seng
diperlukan untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan tubuh. rda adalah 15 mg. seng banyak terdapat dalam bahan makanan, tetapi penurunan kemampuan penyerapan seng pada manula menyebabkan manula dapat kekurangan seng.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dunia Biologi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger